Makassar (Antara Sulsel) - Kapal Motor Pemumpang (KMP) Dharma Kartika mengalami kandas dan akhirnya karam di Perairan Bone, Sulawesi Selatan, Senin dini hari, sementara belum diketahui adanya korban jiwa.

Sebanyak 95 penumpang di atas kapal tersebut masing-masing 47 laki-laki dewasa, 39 perempuan dan sembilan balita.

"Sampai saat ini belum diketahui adanya korban jiwa dalam kejadian itu. Tim terus berupaya menyelamatkan para penumpang," kata Humas Basarnas Makassar, Hamsidar di Makassar, Senin.

Informasi dari Badan Search and Rescue (SAR) Nasional menyebutkan kapal tersebut setelah kandas selama beberapa jam akhirnya karam.

"Sejak tadi malam tim terus mengevakuasi para korban dengan membawa peralatan pendukung untuk menyelamatkan penumpang," kata Hamsidar.

Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Bajoe, Kabupaten Bone, Sulsel menuju Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, dan karam di perairan Bone, Sulsel.

Dalam perjalanan terjadi insiden, dan disampaikan melalui koordinator OPP oleh Soni. Dikabarkan ada kapal penumpang kandas diperairan Bone, dengan titik kordinat 04 31` 217" S- 120 24` 901" E. PD TW 0219 1915 H, Rb 302.

Tim penyelamat Pos SAR Bone setelah mendapatkan informasi melalui aksi PD TW 0219 1900 itu langsung berangkat ke titik kordinat yang dimaksud guna melakukan penyelamatan para penumpang kapal naas tersebut.

Pihaknya mengatakan akan terus menyampaikan informasi terkait perkembangan musibah yang menimpa kapal yang mengangkut puluhan penumpang tersebut.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024