Pasangkayu  (Antara Sulbar) - Satu rumah warga Gunungsari, Desa Gunungsari, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, tertimbun longsor setelah daerah itu dilanda hujan deras sejak tiga hari terakhir.

"Intensitas hujan menyebabkan terjadinya musibah longsor," kata Kartoyo, warga yang rumahnya tertimbun material longsor di Matra, Jumat.

Beruntung saat kejadian pemilik rumah langsung lari keluar rumah saat mendengar bunyi gemuruh dari atas bukit, sehingga tidak ada korban jiwa.

Namun lumpur setebal 50 cm masuk kedalam rumah dan juga menimbun bagian belakang rumah serta bagian dinding rumah sehingga nyaris ambruk.

Kartoyo mengatakan, saat kejadian ia bersama dengan istrinya lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

"Saat kejadian, saya bersama dengan istri lari keluar rumah, kalau barang beberapa diantaranya tidak bisa diselamatkan, barang yang berhasil diselamatkan kini disimpan di salah satu rumah tetangga," katanya.

Babinkamtibmas Desa Gunungsari dan Desa Pakawa, I Ketut Iswandi mengatakan, selain longsor yang menimpa rumah warga maka ada beberapa titik lainnya juga terjadi longsor, bahkan jalan penghubung antara kabupaten Donggala dan kabupaten Matra baru bisa dibuka setelah alat berat milik PT Pasangkayu diturunkan untuk memindahkan material longsoran.

Sementara kerugian yang taksirkan akibat musibah longsor kata dia, mencapai puluhan juta rupiah.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024