Mamuju (Antara Sulbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan kampanye gerakan hidup sehat dalam rangka pembangunan kesehatan di provinsi tersebut.

"Gerakan hidup sehat di Provinsi Sulbar dilaksanakan dengan melakukan kampanye agar terjadi pergeseran dari pradigma sakit menjadi pradigma hidup sehat di masyarakat," kata Kepala Dinkes Provinsi Sulbar, Ahmad Azis M Kes di Mamuju, Jumat

Ia mengatakan, kampanye hidup sehat dilaksanakan dengan menjalin kerjasama organisasi masyarakat dan dunia usaha yang telah bermitra untuk disinergiskan dengan kabupaten dalam mewujudkan perilaku sehat dan kemandirian masyarakat di bidang kesehatan.

Menurut dia, selain kampanye hidup sehat juga disusun upaya meningkatkan pendidikan mengenai gizi seimbang dimasyarakat.

Kemudian meningkatkan aktivitas fisik dan meningkatkan pelaksanaan deteksi dini mengawasi keamanan dan mutu pangan segar yang tidak memiliki kandungan pestisida berbahaya.

Upaya lainnya adalah mendorong pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan buah untuk dikomsumsi secara sehat masyarakat untuk pengembangan kesehatan masyarakat.

Ia mengatakan, upaya peningkatan kesehatan lainnya dilaksanakan dengan melakukan penataan kembali berbagai langkah-langkah, antara lain di bidang pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, lingkungan hidup dan kelembagaannya sehingga Provinsi Sulawesi Barat dapat mengejar ketertinggalan dan mempunyai posisi yang sejajar serta daya saing yang kuat.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024