Makassar (Antara Sulsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau masyarakat tetap waspada akan cuaca buruk yang diprakirakan berlangsung selama sepekan terakhir.

"Meski hujan dengan intesitas sedang, tetapi masyarakat diminta terus mewaspadai perubahan cuaca di musim penghujan ini," kata prakirawan BMKG Wilayah IV Makasar Rizky Yudha Pahlawan, di Makassar, Kamis.

Hingga hari ini, ujar dia, cuaca sebagian wilayah Sulawesi Selatan dengan intesitas sedang hingga lebat kendati berangsur-angsur cerah berawan.

Berdasarkan prakiraan, hujan disertai angin kencang dan petir masih akan terjadi di Kota Makassar, Kabupaten Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.

Sedangkan untuk gelombang tinggi, pihaknya mengeluarkan peringatan dini berlaku pada sejumlah perairan di Sulawesi Selatan, seperti sebagian Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, perairan Kepulauan Selayar serta perairan Kepulauan Sabalana.

Pada perairan tersebut diperkirakan berpotensi terjadi gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter. Kondisi itu diperkirakan masih terjadi pada Jumat (10/3) esok.

"BMKG juga mengimbau dan meminta nelayan agar tidak melakukan aktivitas melaut untuk sementara waktu, karena melihat kondisi cuaca dengan gelombang tinggi," kata Rizky lagi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024