Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan memberikan pelatihan kepada para usahawan untuk meningkatkan kompetensi dan sumber daya manusia (SDM).

"Komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa untuk memperkuat Koperasi dan UMKM melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia kita realisasikan dengan menggelar dua pelatihan," ujar Sekretaris Daerah Gowa, H Muchlis di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, pelatihan untuk UMKM dilakukan dalam bentuk temu konsultasi peningkatan kapasitas berbasis kemitraan di Kabupaten Gowa. Sedangkan untuk koperasi digelar kegiataan penataan dan pengelolaan kelembagaan koperasi melalui rapat anggota tahun (RAT).

Dalam pelatihan ini, peserta yang hadir dalam kegiatan sebanyak 200 orang lebih yang semuanya adalah pelaku usaha kecil menengah serta pengurus koperasi lainnya. "Koperasi menjadi awal dari pembangunan perekononian bahkan perananya dalam perekonomian besar. Perlu peningkatan pemahaman bagi penggurus agar koperasi bisa tetap mempertahankan eksistensinya," katanya.

Disebutkannya jika saat ini ada sekitar 570 koperasi yang tersebar di 18 Kecamatan, Kabupaten Gowa. Namun dirinya mengharapkan semua koperasi itu tumbuh menjadi koperasi yang berkualitas. "Saat ini kita membutuhkan koperasi yang berkualitas bukan kuantitas. Salah satu yang penting dalam koperasi adalah rapat anggota tahunan. Aturan yang terbaru tidak melakukan RAT selama tiga kali akan dibekukan," jelasnya.

Terkait pengembangan UKM juga menjadi perhatian Pemkab Gowa. Apalagi saat ini sudah menjadi target yang ingin dicapai satu desa satu UMKM unggulan.

Lebih lanjut Sekda yang juga merupakan dosen di beberapa perguruan tinggi ini menjelaskan, 6.297 unit UMKM ada di Gowa. 50 persen dari kelompok ini masuk dalam kelompok mikro, 45 persen kelompok kecil.  "Dari gambaran ini diketahui jelas sudah terpolakan bentuk piramidanya dan memang perlu melibatkan banyak pihak dalam mendukung. Pemerintah, perbankan dan pelaku usaha sendiri," terangnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024