Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Makassar Muhammad Nazir mengatakan Asrama Haji yang berlokasi di Sudiang Makassar kini dilengkapi dengan fasilitas "mock up" Pesawat Boeing yang digunakan untuk membiasakan jemaah menggunakan fasilitas di dalam pesawat.

"Mock up` tersebut menyerupai Pesawat Boeing dan memiliki dua toilet dengan kapasitas 90 tempat duduk," kata Muhammad Nazir usai menemui Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang di Makassar, Jumat.

Pihaknya, kata dia, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan perjalanan Haji di Sulawesi Selatan, dengan terus membenahi berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh para calon tamu Allah.

"Asrama Haji kita telah rampung pengerjaannya, dan akan di resmikan pada tanggal 4 April 2017 mendatang yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia," jelasnya.

Menanggapi laporan Kepala UPT tersebut, Wagub Sulsel Agus Agus Arifin Nu`mang yang juga adalah Ketua Persaudaraan Haji Indonesia Sulawesi Selatan, menyatakan rasa syukur karena permintaannya kala itu kepada Komisi 8 DPR RI agar supaya Asrama Haji Sudiang Makassar juga dibangun mock up pesawat sebagai mana yang telah dibangun di Asrama Haji Medan Sumatera Utara, dipenuhi pemerintah pusat.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu meminta kepada pengelola Asrama Haji Sudiang agar "mock up" tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh sekolah pramugari.

"Bentuk dan fasilitas mock up pesawat tersebut betul betul menyerupai pesawat terbang boeing yang digunakan oleh calon jemaah haji, jadi juga dapat dimanfaatkan oleh calon pramugari untuk berlatih," ucapnya.

Dia juga meminta kepada Kepala UPT agar berkoordinasi dengan pihak pengelola bandara, untuk meminjam eskalator Bandara Hasanuddin yang tidak terpakai, agar bisa digunakan di Asrama Haji sebagai sarana latihan bagi calon jemaah haji yang belum pernah menggunakan fasilitas "tangga berjalan" tersebut.

Sementara terkait dengan pemanfaatan Asrama Haji Sudiang, Agus berharap agar dikelola secara syariah misalnya setiap lantainya di sediakan Musholah, sehingga jamaah tidak kesulitan untuk mencari tempat sholat.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024