Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Bupati Selayar Zainuddin mengapresiasi kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) yang diikuti 51 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) daerah itu di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar.

"Saya berterima kasih kepada para marinir Angkatan Laut yang telah mendidik dan melatih anggota Satpol Selayar untuk membentuk satuan polisi penegak peraturan daerah," ujar Zainuddin di Makassar, Selasa.

Wakil Bupati Selayar saat menjemput langsung para anggota Satpol-PP itu diterima oleh Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup didampingi Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Mayor Marinir Danang Ary Setiawan.

Di hadapan perwira tinggi dan perwira menengah TNI AL itu, Zainuddin menyampaikan terima kasih kepada pihak Lantamal yang telah melaksanakan diklat bagi anngota Satpol PP daerah itu, terutama untuk membentuk karakter dan fisik aparat penegak peraturan daerah itu.

"Melalui kegiatan diklat yang dibimbing langsung oleh anggota marinir TNI AL, saya sangat yakin personil Satpol PP Selayar semakin profesional dalam menjalankan tugas sebagai penegak peraturan daerah," katanya usai menyaksikan kegiatan atraksi bela diri dan kesamaptaan para anggota Satpol-PP itu di Markas Lantamal tersebut.

Sementara Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup bersama Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman MTr yang turut menyaksikan kegiatan upacara penutupan diklat kesamaptaan jasmani dan fungsi Satpol-PP juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terbangun erat antara TNI AL dan pemerintah daerah itu.

Sebelumnya, sebanyak 51 anggota Satpol-PP Selayar itu mengikuti pelatihan dasar (Latsar) yang terbagi dalam dua peleton dan digembleng khusus oleh para instruktur berpengalaman dari anggota marinir TNI AL.

"Dalam pelatihan ini ada dua peleton anggota Satpol PP dan satu peleton instruktur. Semua instruktur dan pelatih ini berpengalaman dan terampil," katanya.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Mayor Marinir Danang Ary Setiawan mengatakan Satpol_PP merupakan salah satu unsur pengamanan yang mempunyai tugas pokok sebagai penyelenggara ketentraman dan ketertiban serta penegak peraturan daerah di tempat tugasnya.

Dengan tugas pokoknya tersebut, kata dia, Satpol PP mempunyai peran yang sangat penting dalam menunjang terlaksananya pengamanan dan kenyamanan bagi masyarakat umum dan khususnya di lingkup pemerintah daerah tempat tugas mereka.

"Ini tentu ada maksud dan tujuan yang akan dicapai dan diharapkan hasilnya dapat diterapkan dan dikembangkan dalam pelaksanaan tugas setelah para anggota Satpol-PP ini selesai mengikuti latihan tersebut," sebutnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024