Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang memuji akselerasi pembangunan di Kabupaten Bone dibawah kepemimpinan Bupati Andi Fazhar Pajalangi.

"Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah yang sangat menentukan kemajuan di Sulawesi Selatan," kata Agus ketika menghadiri acara Mattompang Arajang di Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu.

Peran Bone cukup besar, kata dia, mengingat jumlah penduduk di kabupaten ini merupakan yang terbesar kedua setelah Kota Makassar.

"Kemajuan suatu daerah sangat di tentukan oleh sumber daya manusia yang andal, dan Bone terbukti memiliki sumber daya manusia tersebut," ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan ini dengan bangga menyebutkan masyarakat Kabupaten Bone banyak yang sukses di daerah lain. Bahkan salah seorang putra Bone yang paling membanggakan adalah Jusuf Kalla yang kini menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia.

Agus berharap agar putra terbaik Bone yang sukses di daerah lain tetap memperhatikan kemajuan dan perkembangan pembangunan kabupaten ini, karena Bone pada masa lalu merupakan kerajaan besar di nusantara.

Orang nomor dua di Sulawesi Selatan itu berharap Bupati dan wakil Bupati Bone di sisa masa jabatannya terus mengakselerasi pembangunan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kehadiran Agus di Bone dalam rangka Mattompang Arajang, yaitu prosesi pembersihan benda-benda kerajaan dalam rangkaian memperingati hari jadi ke-687 Kabupaten Bone.

Bupati Bone Andi Fazhar Pajalangi mengatakan sengaja pelaksanaan Mattompang Arajang dilaksanakan di tempat terbuka agar masyarakat dapat menyaksikan secara langsung, lengkap dan utuh.

Dia mengakui bahwa prosesi Mattompang Arajang merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bone.

"Kita ingin sekaligus memperlihatkan kepada seluruh masyarakat Bone bahwa benda benda kerajaan terus terjaga dan terpelihara dengan baik dan jumlahnya utuh," katanya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024