Bulukumba (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) kepada 26 pejabat struktural eselon IV lingkup pemkab setempat.

"Untuk mewujudkan masyarakat Bulukumba yang sejahtera dan terdepan, harus didukung dengan birokrasi yang kapabel, loyal, dan memiliki integritas dalam melaksanakan fungsi pemerintahan dan pelayanan ke masyarakat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba A Bau Amal saat membuka diklatpim di kampus II BPSDM Sulawesi Selatan (Sulsel), Makassar, Kamis.

Menurut Sekda, diklatpim salah satu kebijakan penting dalam rangka meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama dalam menghadapi perkembangan tugas pemerintahan yang semakin kompleks dan membutuhkan solusi dalam penanganannya.

"Diklatpim itu penting, untuk membangun paradigma berpikir yang kritis, analitis, dan konstruktif dalam menjalankan tugas-tugas operasional," tutur A Bau Amal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Bulukumba Asraeni mengatakan tujuan penyelenggaraan diklatpim untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional, yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansinya masing-masing.

Keberhasilan dari diklatpim ini lanjut Asraeni adalah adanya kemampuan membangun karakter sikap perilaku yang berintegritas, menjunjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai dan norma serta memiliki moralitas dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, tambah Asraeni, peserta juga diharapkan mampu melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi.

"Kita juga berharap setelah mengikuti diklatpim, ASN ini bisa melakukan inovasi dan mengoptimalkan sumber daya di instansinya masing-masing," imbuh Asraeni.

Pembukaan diklatpim dihadiri antara lain Kepala BKPSDM Bulukumba Andi Ade Ariadi, Ketua Komisi A DPRD Bulukumba Andi Arman, dan Kepala BPSDM Provinsi Sulsel Imran Jausi.

Pewarta : Sysmsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024