Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas Badan Standarisasi Nasional (BSN) Budi Rahardjo mengatakan, Kota Makassar siap menjadi tuan rumah Indonesia Quality Expo (IQE) ke-5 pada 24 - 26 Oktober 2017.

"Setelah IQE ke-1 hingga ke-4 digelar di Jakarta, maka tahun ini akan digelar di Makassar dengan beberapa pertimbangan," kata Budi disela-sela kehadirannya untuk pembukaan kantor perwakilan BSN di Makassar, Rabu.

Pada kegiatan ekspo itu, lanjut dia, akan dimeriahkan dengan sejumlah acara diantaranya Seminar Nasional Standardisasi yang melibatkan sekitar 600 orang, Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS), Pertemuan Teknis Laboratorium dan Lembaga Inspeksi, serta Temu Masyarakat Standardisasi Indonesia (MASTAN).

Sementara pemilihan Makassar, Sulsel sebagai lokasi provinsi lokasi IQE yang ke-5 di luar Jawa, Budi mengatakan, salah satu pertimbangannya, karena Provinsi Sulsel menunjukkan komitmennya dalam menerapkan SNI melalui Deklarasi Sulsel Ber-SNI tahun lalu.

"Sebagai salah satu mitra strategis BSN, BSN sangat mendukung komitmen Sulsel Ber-SNI melalui berbagai bentuk kerja sama, baik di lingkungan pemerintah, perguruan tinggi, maupun dukungan kepada IKM," katanya.

Sementara mengenai jumlah peserta pameran IQE tahun ini, pihaknya menargetkan 70 gerai yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan BSN baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, asosiasi, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah dan pusat.

"Dari Jawa Tengah akan menampilkan produk yang berSNI, bagaimana proses dan dampaknya setelah mengantongi sertifikat SNI akan dikemukakan pada pengunjung atau yang ingin berkonsultasi," kata Budi.

Hal ini akan menjadi motivasi bagi pelaku usaha lainnya baik skala kecil dan menengah, untuk menerapkan sistem kerja dan hasil produk yang sesuai dengan SNI.

Apalagi kini telah memasuki era globalisasi perdagangan, sehingga standardisasi dapat digunakan sebagai salah satu alat kebijakan pemerintah dalam menata struktur ekonomi secara lebih baik dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Sedang untuk mendekatkan layanan BSN dan upaya membina pelaku usaha di Kawasan Timur Indonesia (KTI), BSN akan membuka kantor cabang di Gedung Graha Pena, Makassar, yang dijadwalkan pada Kamis (13/4).

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024