Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang kearsipan untuk mendukung pelayanan yang berbasis elektronik dalam pemerintahan "Smart City".

"Makassar telah menjalankan program smart city dan dalam mendukung semua program-programnya itu, pengelolaan dan pelayanan dijalankan dengan serba transparan serta profesional," ujar Sekretaris Daerah Kota Makassar Ibrahim Saleh di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, pengelolaan arsip secara profesional sangatlah penting di era globalisasi dengan teknologi yang kian pesat perkembangannya dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang serta bertanggung jawab atas pengelolaan arsip pemerintah dituntut untuk mengelolanya secara baik.

Penanganan yang paling mendasar dari pengelolaan arsip adalah ketepatan dalam menggunakan kode klarifikasi surat karena tanpa menggunakan kode klarifikasi yang tepat, tentu arsipnya akan kacau sehingga jika diperlukan sebagai bahan informasi akan sulit ditemukan.

Menurut Ibrahim, kegiatan yang digelar oleh Badan Arsip Makassar sangatlah penting untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja dan pelayanan di bidang arsip pada setiap SKPD khususnya dalam lingkup Pemerintah Kota Makassar.

"Di era globalisasi yang kian maju penggunaan teknolgi informasi dan komunikasi sangatlah berperan penting dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat khususnya terkait kearsipan, sehingga masyarakat mampu dengan cepat mengakses informasi yang diinginkannya," ucapnya.

Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 telah mengatur tentang kearsipan untuk memudahkan layanan akses serta meningkatkan mutu pelayanan kearsipan bagi masyarakat.

"Untuk itulah penerapan Electronics Goverment sangatlah efektif dalam penyelenggaraan pelayanan publik disetiap SKPD guna memberikan layanan informasi secara cepat dan tepat," terangnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024