Kendari (Antara Sulsel) - Maskapi penerbangan Lion Air, segera melayani rute penerbangan Muna Barat Sultra - Makassar,  setelah maskapai penerbangan tersebut sukses melakukan uji coba pendaratan di Bandara Sugimanuru, Kamis.

"Sesuai kesepakatan kami dengan pihak maskapai penerbangan Lion Air, setelah uji coba penggunaan landasan pacu Bandara Sugimanuru Kamis, Lion Air akan segera menentukan jadwal penerbangan Muna Barat - Makassar," kata Penjabat Bupati Muna Barat, Rony Yacub Laute di Kendari, Kamis.

Sebagai penjabat Bupati Muna Barat, Rony menyakini kehadiran maskapai penerbangan Lion Air melayani rute penerbangan Muna Barat - Makassar akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat Muna Barat yang luar biasa.

Selain dapat mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan usaha seperti usaha jasa penjualan iket, pengiriman barang lewat kargo, usaha jasa transportasi darat atau usaha restoran di terminal bandara, juga dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

"Masyarakat bisa terserap menjadi tenaga kerja di terminal bandara atau di sejumlah kegiatan usaha baru yang terbuka setelah pengoperasian bandara Sugimanuru," katanya.  

Menurut dia, selama ini Kabupaten Muna Barat agak tertinggal bila dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia karena akses untuk menjangkau kabupaten tersebut masih sulit.

Untuk berakses dengan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia kata dia, masyarakat Muna Barat harus terlebih dahulu ke Kota Baubau atau Kendari baru bisa melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia.  

"Kami harapkan setelah Lion Air melayani jalur penerbangan rute Muna-Makassar, wilayah Muna Barat khususnya dan Muna umumnya sudah bisa terbuka dari keterisolasian wilayah," katanya.

Menurut dia, maskapai penerbangan Lion Air di Muna Barat, bukan hanya bisa membuka keterisolasian kabupaten Muna Barat melainkan juga memudahkan transportasi bagi masyarakat Kabupaten Muna dan Buton Tengah.

"Masyarakat di tiga kabupaten itu, terutama aparat birokrasi dan anggota DPRD, sudah banyak yang melakukan perjalanan dan kegiatan di luar daerah menuju Makassar atau Jakarta," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024