Sorong (Antara Sulel) - Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, mendapat penghargaan dari pemerintah pusat sebagai penyelenggara Pilkada serentak 2017 terbaik nomor satu di Indonesia.

Pejabat Bupati Kabupaten Tambrauw Elisa Sroyer di Sorong, Sabtu mengatakan, ada tiga daerah di Indonesia yang mendapat penghargaan sebagai penyelenggara Pilkada serentak terbaik yakni, Kabupaten Tambrauw,  Kabupaten Barito, dan Tasikmalaya. Kabupaten Tambrauw terbaik urutan pertama di Indonesia.

Dia mengataka, sejak awal tahapan Pilkada serentak berjalan Kabupaten Tambrauw tercatat sebagai salah satu daerah di Indonesia yang rawan konflik dan harus mendapat prioritas pengamanan.

"Namun kerja keras penyelenggara Pilkada yang didukung pemerintah daerah serta kesadaran masyarakat menjaga keamanan sehingga pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Tambrauw perjalanan dengan aman tanpa ada konflik," ujarnya.

Selain itu, suksesnya Pilkada Tambrauw pula atas kerja keras aparat keamanan baik TNI maupun Polri dalam mengantisipasi konflik serta didukung oleh media cetak dan elektronik dengan pemberitaan yang positif tidak melahirkan konflik.

Ia menjelaskan, pemerintah pusat memberikan penghargaan daerah penyelenggaraan Pilkada terbaik kepada Kabupaten Tambrauw karena mampu mewujudkan Pilkada damai dari catatan sebagai daerah yang rawan konflik.

"Partisipasi pemilih yang tinggi, anggaran tepat waktu, laporan pelaksanaan Pilkada pemerintah daerah maupun pihak penyelenggara dan pengawasan tepat waktu, juga menjadi pertimbangan pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kabupaten Tambrauw.

Bupati Tambrauw terpilih Gabriel Asem yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan masyarakat Tambrauw sudah pintar berpolitik dan menganggap bahwa Pilkada adalah hal yang sangat penting untuk menentukan pembangunan sehingga partisipasi pemilih pada Pilkada 2017 sangat tinggi mencapai 80 persen.

"Sebagai pemenang Pilkada saya berterima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, pemerintah daerah dalam hal ini penjabat Bupati Elisa Sroyen, aparat keamanan, dan media cetak maupun elektronik yang telah berpartisipasi sukseskan Pilkada Kabupaten Tambrauw," ungkapnya.

Pewarta : Ernes B Kakisina
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024