Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang mempresentasikan Inovasi Sistem Informasi Lingkungan Hidup Berbasis Online (SIMAS-LH Online) dalam rangka kompetisi inovasi pelayanan publik Tahun 2017 di Jakarta, Jumat.

"Presentasi dan Wawancara ini dilakukan karena SIMAS-LH Online pada Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulsel, masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017," kata Wagub Agus sebagaimana dikutip dari Kepala Subagian Publikasi Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulsel Amrullah Hanafie, di Makassar, Jumat.

Agus yang didampingi oleh Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup Andi Hasbi, menyampaikan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen sebagai seleksi untuk menuju TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu, menyampaikan presentasi pada pukul 08.30 hingga pukul 09.00 WiB, yang kemudian dilanjutkan sesi wawancara.

Adapun SIMAS LH-Online ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan data yang cepat, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sistem ini hadir untuk mendukung pengelolaan sumber daya lingkungan yang berkelanjutan.

Salah satu layanan yang disiapkan adalah penyampaian laporan pemrakarsa usaha yang awalnya dilakukan secara manual kini dapat disampaikan secara online.

Menurut Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulsel Andi Hasbi, sistem ini memungkinkan akses data dan informasi oleh pengguna di mana saja dan kapan saja.

"Data seperti kualitas udara dan air dapat diakses bukan hanya oleh pemerintah tetapi juga oleh masyarakat umum," ucapnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024