Sinjai (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai  melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) melakukan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB).

"Pembentukan kampung KB adalah salah satu inovasi strategis dalam program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga secara utuh dan terintegrasi, karena itu harus dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat di tingkat desa melalui dusun untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas." kata Bupati Sinjai H Sabirin Yahya saat pencanangan kampung KB di Dusun Kampung Baru Desa Palangka Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Rabu.

Sementara itu,  Kepala DP3AP2KB Kabupaten Sinjai Hj Mas Ati mengatakan Dusun Kampung Baru Desa Palangka dijadikan lokasi pencanangan  karena dianggap memenuhi kriteria, oleh karena itu dibutuhkan beberapa program strategis pembangunan di bidang kependudukan, KB dan pembangunan keluarga di desa ini.

Menurut dia, program strategis lainnya di desa ini adalah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan, pemukiman, lingkungan, agama dan pembangunan sektor lainnya, sehingga dapat lebih maju dan lebih baik.

"Kampung KB adalah salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas program kependudukan keluarga secara utuh kepada masyarakat," tutur Mas Ati.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili pembina wilayah KB Sinjai Abdul Gaffar  mengajak masyarakat kabupaten setempat untuk berkomitmen dalam mensukseskan kampung KB yang dicanangkan di Desa Palangka.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Selatan, perwakilan Dandim 1424 Sinjai, Para Kepala OPD, Para Camat se-Kabupaten Sinjai, para Perwakilan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sinjai Selatan, kepala dan masyarakat Desa Palangka.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024