Bulukumba (Antara Sulsel) - Anggota Komisi A DPRD Bulukumba Andi Zulkarnain Pangki (Fraksi PAN), dilantik sebagai penganti antar waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD Bulukumba menggantikan, Syamsir Paro yang mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua,  sisa masa jabatan 2014-2019 pada Rapat Paripurna DPRD Bulukumba, Rabu.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD ditandai dengan pengambilan sumpah/janji dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba Khusaini SH, dan dipimpin Ketua DPRD Bulukumba H A Hamzah Pangki. Rapat paripurna dihadiri Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta para pejabat Pemkab Bulukumba.

Pelantikan Andi Zulkarnain Pangki, sebagai PAW Wakil Ketua DPRD Bulukumba tertuang dalam SK Gubernur Sulsel Nomor 841/IV/Tahun 2017.  Sementara itu, pemberhentian, Syamsir Paro, sebagai Wakil Ketua DPRD Bulukumba sisa masa  jabatan 2014-2019,  tertuang dalam SK Gubernur Sulsel Nomor 776/III/Tahun 2017.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, mengatakan proses PAW pimpinan DPRD menjadi hal yang lumrah dan dapat dilakukan sepanjang memenuhi mekanisme yang dipersyaratkan.

"Saya selaku pemerintah daerah, mengharapkan dapat semakin memperkuat kedudukan dan peran DPRD Bulukumba dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di bidang legislasi, pengawasan, dan penganggaran," kata AM Sukri Sappewali di hadapan sidang Paripurna Istimewa PAW Wakil Ketua DPRD Bulukumba.

Yang tidak kalah pentingnya, kata bupati adalah sinergitas bersama yang selama ini sudah terjalin dengan baik agar  senantiasa diwujudkan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang sesungguhnya merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah daerah dan legislatif dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bulukumba yang maju, sejahtera dan terdepan.

Sementara itu, Ketua DPRD Bulukumba HA Hamzah Pangki yang juga adik dari Wakil Ketua DPRD yang dilantik Andi Zulkarnain Pangki, menyampaikan terima kasih kepada Syamsir Paro atas dedikasinya selama mendampingi sebagai pimpinan DPRD.

Hamzah berharap, Syamsir Paro yang kembali menjadi anggota DPRD tetap aktif memberikan sumbangsi terhadap peran-peran DPRD di masa mendatang.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024