Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar akan membangun taman olahraga di wilayah timur ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan itu guna memenuhi kebutuhan minat masyarakat berolahraga.

"Di timur Kota Makassar itu tidak ada sarana olahraga, dan warga di sana juga butuh fasilitas itu, makanya kami akan bangunkan taman olahraga," ujar Kepala Dispora Makassar Ahmad Hendra Hakamuddin di Makassar, Senin.

Ia menuturkan, fasilitas olahraga umumnya terkonsentrasi di pusat kota Makassar, sehingga pemenuhan untuk aktivitas keolahragaan warga yang tersebar di pinggiran kota itu pasti akan berdatangan.

Salah satu dampak yang ditimbulkan dengan banyaknya warga yang berdatangan ke taman olahraga seperti di Lapangan Karebosi dan Taman Macan itu yakni arus lalu lintas.

"Banyak warga dari utara dan timur kota Makassar yang datang jogging dan kegiatan lainnya dengan membawa mobil dan sepeda motor. Akibatnya terjadi penumpukan kendaraan di pinggir jalan dan itu mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Ia mengatakan Dispora Makassar akan membangun taman olahraga itu di Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya dengan menggunakan dana APBD tahun 2017 sebesar Rp750 juta.

"Kami sudah membuka tender melalui Lelang Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE)," ujarnya.

Hendra menargetkan pembangunan taman olahraga itu rampung sebelum acara peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2017.

Ia juga menjelaskan program pembangunan taman olahraga dengan menerapkan konsep "go green", sehingga warga yang datang ke taman itu tidak merasa bosan karena udaranya sejuk yang dipenuhi bunga-bunga di lokasi itu.

"Konsep taman olarhaga ini menggabungkan nilai estetika, serta tugas pokok dan fungsi kita. Di tempat olahraga itu diharapkan suasananya sejuk, dan setiap area olahraga harus ada bunga," ujarnya.

Di lokasi taman olahraga itu akan disediakan fasilitas untuk kegiatan `jogging track`, lapangan futsal, lapangan bulutangkis, dan tribun mini.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024