Bantaeng (Antara Sulsel) - Sebanyak 15 peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Pendidikan dan Pelatihan  Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II angkatan XLIII  Kelas H tahun 2017 bersama  tiga orang pendamping melakukan kunjungan ke Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bantaeng Syahrul Bayan, salah satu peserta VKN melalui whatsapp dari Gorontalo yang diterima di Bantaeng, Kamis, mengatakan rombongan diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Hadijah U Tayeb didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat di ruang pola Kantor Bupati Gorontalo, Rabu.

"Lima hari kedepan, peserta VKN akan melakukan Visitasi atau kunjungan di dua Desa yakni Batu Layar dan Molas, yang terletak di Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo," ungkap Firdaus Hafid selaku ketua rombongan.

Ia menambahkan setelah melakukan konsultasi, sebagai tahap awal, pihaknya telah memilih Kabupaten Gorontalo sebagai lokasi peserta VKN dengan tujuan untuk melihat dan mengidentifikasi permasalahan yang ada didaerah tersebut.

"setelah mengidentifikasi mereka akan melihat tujuan yang diharapkan di desa itu dengan kondisi saat ini, lalu mereka akan mendiagnosa dan mencarikan solusi yang inovatif dan adaptif untuk desa tersebut," Jelas Firdaus Hafid

Sementara itu, Sekda Gorontalo Hadija U Tayeb yang mewakili Bupati Gorontalo mengatakan sangat berharap dengan kehadiran peserta VKN, bisa memberi suasana baru di desa tersebut dan mencerminkan sebuah perubahan disertai masukan yang berarti buat peningkatan pelayanan masyarakat di masing masing desa.

"Dengan kehadiran bapak dan ibu di desa tersebut, kami berharap akan adanya suasana baru yang memberikan stimulasi  masyarakat kami disana, bagaimana bisa menata desa ini lebih baik lagi," Kata Sekda Gorontalo yang juga alumni Diklatpim II Tahun 2008 di LAN Antang Makassar ini.

Dia menambahkan,  Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini gencar  menggenjot pembangunan di berbagai sektor dan  pengentasan kemiskinan, bahkan Bupati Gorontalo melakukan kunjungan ke pelosok untuk terus melakukan perubahan tentunya.

Adapun nama peserta VKN Diklatpim Tk II angkatan XLIII (43) Kelas H tahun 2017, untuk Desa Batu Layar yakni Muh Palaiman (Setda Kab. Konawe), Mujahidin (BKD dan PSDM Kab.Kolaka),  H Abbas (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kolaka), Surya Indragni (Dishub Kabupaten Sigi), Pasobongan (Dinas PPPA Kabupaten Sigi),  Idrus Assagaf (Biro Organisasi Setfa Prov. Maluku Utara), H Mulyadi Wowor,M.Si (BPSDM Prov. Maluku Utara).

Sementara di Desa Molas yakni Marten Luter Retta (BPBD Kab. Dogiyai), A Syarifuddin (BPBD Kabupaten Bombana),  Muslimin M (BPBD Kabupaten Bantaeng), Syahrul Bayan (Dispora Kabupaten Bantaeng), Moh Subur (Inspektorat Kabupaten Bombana), La Ode Syaifuddin (Setda Kab. Muna), La Ode Rimbasua (Dinkes Kab. Muna), Absalom Amiyaram (Dinas PMPK Kab. Asmat).

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024