Bulukumba (Antara Sulsel) - Sebanyak 570 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN PK) di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

"Program KKN PK ini untuk pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Bulukumba, semoga Pemerintah Daerah dan masyarakat Bulukumba dapat menerima kami dengan baik," ujar Ketua Pengelola KKN PK Unhas Irwin Aras saat audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan diterima Asisten Administrasi Umum A Syamsul Mulhayat didampingi Kepala Dinas Kesehatan setempat dr Gaffar, di ruang rapat Sekretaris Daerah Bulukumba, Selasa.

Menurut dia, program KKN-PK Unhas untuk pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba ini, dengan tujuan utama  menjadi mitra pemerintah dalam bersinergi membangun kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, Irwin menyebut program yang dilaksanakan mahasiswa akan disinergikan dengan program kesehatan yang sementara atau akan dijalankan oleh pemerintah kabupaten  seperti program pencapaian desa sehat, BPJS dan BKKBN.

"Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN nantinya lebih kepada upaya perubahan pola pikir, sehingga kegiatannya lebih kepada penyuluhan, sosialisasi, pelatihan dan kampanye tentang bagaimana berperilaku hidup sehat, baik secara individu maupun di lingkungan sekitar. Jadi kegiatannya non fisik, bukan fisik seperti pembuatan papan jalan," Imbuh  Irwin.

Mahasiswa KKN PK Unhas berasal dari lima fakultas yaitu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat,  Farmasi dan Fisioterapi,  akan disebar pada 59 desa di lima kecamatan dan berlangsung 10 Juni - 3 Agustus 2017.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024