Makassar (Antara Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meluncurkan program layanan publik di bidang kesehatan yakni ambulans laut untuk mengangkut warga yang membutuhkan penanganan lebih di rumah sakit.

"Di pulau itu tidak ada rumah sakit dan hanya ada puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dan jika ada warga yang gawat sedangkan transportasi susah, ini yang menjadi masalah. Tapi sekarang sudah ada ambulans laut," ujar Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, ambulans laut yang dibuat dari speed boat ini tentu memiliki kecepatan yang tinggi. Hal ini penting terutama untuk keperluan pengangkutan pasien rujukan, darurat dari pulau yang hendak mendapatkan layanan Rumah Sakit di daratan Makassar.

Disebutkannya, beberapa pulau di Makassar terdapat Puskesmas dengan fasilitas rawat inap bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

Namun demikian, kehadiran Ambulans Laut ini tentu sangat bermanfaat untuk mengantisipasi adanya pasien yang perlu mendapatkan perawatan serius di rumah sakit di Kota Makassar.

"Walau baru tersedia satu unit, ambulans ini bisa menjadi solusi pada situasi darurat. Terutama saat masyarakat pulau harus segera dirujuk ke pusat kota untuk memperoleh perawatan yang lebih lengkap," pungkas Danny.

Sementara itu, menurut Kadis Kesehatan Naisya Tun Azikin Ambulans Laut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan memadai ini akan disiagakan 24 jam.

"Meski baru satu, Ambulans Laut ini disiapkan untuk membantu Puskesmas dan melayani seluruh pulau di Makassar," ucapnya.

Selain menjadi angkutan masyarakat yang sedang sakit, Ambulans Laut juga telah dilengkapi dengan beragam peralatan penunjang kesehatan. Seperti alat standar kesehatan, Tele-EKG dan Telemedicine, dan juga dokter.

Naisya pun optimistis, dengan hadirnya ambulans tersebut sangat bisa diandalkan dalam memberikan pertolongan pertama dan perawatan kepada pasien. Tak kalah menariknya karena ambulans laut ini juga sudah bisa melayani ibu hamil.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024