Biak (Antara Sulsel) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Biak Numfor, Papua, bersama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan menyiapkan tiga kapal angkutan arus mudik Lebaran 2017.

Informasi yang dihimpun Antara, Senin, terdapat tiga kapal penumpang PT Pelni yang disiapkan di Pelabuhan Biak, di antaranya KM Sinabung waktu keberangkatan 1 Juni tujuan Jayapura.

Pemberangkatan pada tanggal 3 Juni dan 18 Juni 2017 dengan tujuan Manokwari, Sorong, Bacan, Ternate, Bitung, Banggai, Baubau, Makassar, dan Surabaya.

Kapal penumpang PT Pelni lain, KM Ciremai, waktu keberangkatan pada tanggal 11 Juni dengan rute Biak-Jayapura dan pada tanggal 13 Juni 2017 tujuan Manokwari, Sorong, Baubau, Makassar, Surabaya, dan Tanjung Priok Jakarta.

KM Tidar dengan waktu keberangkatan dari pelabuhan Biak, 15 Juni 2017, dengan rute Biak, Manokwari, Sorong, Ambon, Namlea, Baubau, Balikpapan, dan Surabaya.

Kepala Dinas Perhubungan Otto P. Wainggai mengatakan bahwa setiap tahun kapal Pelni melayani penumpang mudik Lebaran di Pelabuhan Biak dengan tujuan Pulau Jawa dan Kota Makassar.

Ia menyebutkan nama ketiga kapal tersebut yang siap melayani angkutan penumpang arus mudik Lebaran di Pelabuhan Biak, yakni KM Sinabung, KM Ciremai, dan KM Tidar.

Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Biak, lanjut Otto Wainggai, telah melakukan persiapan pelayanan angkutan arus mudik di pelabuhan, Bandara Frans Kaisiepo, serta angkutan umum perdesaan dan antarkabupaten.

Hingga Senin, aktivitas pelayanan penumpang kapal dan pesawat udara di Bandara Frans Kaisiepo Biak masih normal. Adapun maspakainya, antara lain, Garuda Indonesia dan Sriwjaya Air dengan rute Biak-Jayapura serta Biak-Makassar dan Jakarta.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024