Mamuju (Antara Sulbar) - Program kegiatan yang melekat pada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulbar terdapat diantaranya dinilai belum efektif terpublikasi secara luas ke masyarakat.

"Untuk itulah Biro Humas dan Protokol sebagai salah satu OPD yang memiliki tupoksi dalam penyebarluasan informasi kegiatan pemerintah memberikan pelatihan pembuatan rilis dan pengambilan gambar pada perwakilan agen kehumasan yang ada pada sekitar 30 OPD dilingkup Pemprov Sulbar," kata Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulbar, Irfan AT, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, melalui pelatihan itu maka agen kehumasan diberikan materi bagaimana teknik menulis rilis dan mengambil gambar untuk disampaikan ke masyarakat melaui media.

"Humas sebagai salah satu lembaga yang memegang peranan penting dan strategis harus selalu siap dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kehumasan," katanya.

Menurut dia, banyak program kegiatan OPD utamanya yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah untuk diketahui masyarakat belum sampai ke masyarakat, namun penyebarluasan informasi pada OPD belum optimal.

"Untuk itulah, agen kehumasan yang telah dilatih ini diharapkan tidak hanya secara formalitas mengikuti pelatihan, akan tetapi nantinya mampu menyajikan informasi melalui rilis untuk disebarluaskan ke masyarakat, karena Biro Humas dan Protokol sebagai OPD yang memiliki tupoksi penyebarluasan informasi belum mampu mengakomodir informasi OPD keseluruhan untuk disampaikan ke masyarakat," katanya.

Irfan mengatakan, Biro Humas Sulbar juga memiliki keterbatasan SDM dan mengutamakan kegiatan pelayanan informasi terhadap unsur pimpinan (Gubernur, Wagub, Sekprov), melaui agen kehumasan yang telah ditunjuk pada OPD masing -masing, diharapkan berperan dalam menyebarluaskan informasi setiap kegiatan yang memang penting diketahui masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, dalam penyebarluasan informasi tersebut, Biro Humas dan Protokol menyiapkan ruang bagi OPD pada website www.humassulbarprov.id milik Humas Pemprov Sulbar sehingga semua kegiatan di lingkup Pemprov bisa disebarluaskan.

"Kepada peserta agen kehumasan saya harapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Kalaupun ada beberapa kekurangan, mari kita perbaiki bersama-sama sehingga kita bisa meningkatkan kualitas SDM kehumasan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024