Makassar (Antara Sulsel) - Pelatih Kepala PSM Robert Rene Alberts mengakui menghadapi Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, hari ini memberikan suasana yang lebih pribadi.

"Saya merasakan sesuatu yang pribadi saat menghadapi Persipura Jayapura. Pertandingan ini memang mengandung banyak cerita dan itu memang lebih pribadi," kata Pelatih Kepala PSM, Robert Rene Alberts di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, pada musim 2010, dirinya yang menangani tim PSM di Indonesia Super League (ISL) memang sempat membawa tim "Juku Eja" menempati posisi kedua di bawah Persipura Jayapura sebelum kompetisi itu dihentikan.

Dan saat ini, kata dia, giliran PSM yang berada di puncak dan Persipura Jayapura yang harus menjadi runner-up.

Sedangkan cerita yang ke tiga yakni kondisi dimana dirinya akan menghadapi mantan asistennya di Arema Indonesia dan PSM Makassar yakni Liestiadi. Bahkan pertemuan antara PSM dan Persipura ini bisa dikatakan sebagai pertarungan antara guru dan murid.

"Dan sekarang Liestiadi yang pernah menjadi asisten saya, kini menjadi arsitek Persipura Jayapura. Kita akan saling berhadapan satu sama lain dan tentu sifat lebih pribadi," ujarnya.

Sementara terkait sulitnya PSM mengalahkan Persipura Jayapura dalam beberapa pertemuan sebelunya, tidak membuat dirinya memutuskan untuk menerapkan strategi yang jauh berbeda dari biasanya.

Pelatih asal Belanda itu hanya berupaya untuk bisa bermain lebih efektif dan bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

"Tidak ada strategi yang terlalu berubah drastis. Kami saat menghadapi Persipura hanya menerapkan strategi yang memang dinilai paling efektif untuk bisa membongkar pertahanan lawan. Kita juga coba pegang bola di area-area tertentu,"jelasnya.

Pelatih Kepala Persipura Jayapura Liestiadi mengatakan pertemuannya dengan Pelatih PSM Robert Rene Alberts dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Mattoanging Makassar merupakan hal yang biasa atau tidak istimewa.

"Saya sebagai Pelatih Persipura tentunya ingin meraih hasil maksimal menghadapi PSM yang ditangani Pelatih Robert Rene Alberts. Artinya kami akan bersikap profesional untuk mempersembahkan hasil maksimal untuk tim masing-masing," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024