Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi terpilihnya Sulsel sebagai tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang akan digelar Agustus 2017 mendatang.

"Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ristek Dikti karena telah memilih Sulsel sebagai tuan rumah untuk even besar ini," kata Syahrul pada rangkaian peringatan Harktenas yang digelar di Makassar, Jumat.

Menurut Syahrul, pemilihan Sulsel menjadi tuan rumah Harteknas sangat tepat, karena provinsi ini merupakan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Masa depan dan kekuatan Indonesia ada di Indonesia timur dan pijarnya ada di Sulsel," imbuhnya.

Sementara itu, Menristek Dikti Muhammad Nasir berharap terjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan acara ini.

Menurut dia, Harteknas dipusatkan di Sulawesi Selatan, tepatnya di Makassar karena merupakan kota pelabuhan terbesar di Indonesia. Ia juga mengatakan perlu kerja sama yang baik antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam pembangunan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini, bisa lahir karya anak bangsa di bidang teknologi maritim," imbuhnya.

Peluncuran Harteknas yang dipusatkan di Pelabuhan Paotere ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya tausiah Ramadan, berbagi sembako, buka bersama dan salat berjamaah, bakti untuk nelayan berupa pemberian mesin kapal berkonventer kit dari PT Inti (Persero) dan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 500 undangan diantaranya berasal dari Kemenristek Dikti, sejumlah lembaga pemerintah, sejumlah rektor dari perguruan tinggi, BUMN, dan BUMD.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024