Makassar (Antara Sulsel) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Makassar menyiapkan sebanyak 18 kapal untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 2017.

Manager Operasional PT Pelni Makassar, Samto di Makassar, Sabtu, mengatakan dari 18 kapal yang disiapkan terdiri dari 10 kapal punya daya angkut 2.000 penumpang, empat kapal bermuatan 1.000 penumpang, satu kapal bermuatan 500 penumpang serta tiga kapal perintis yang bermuatan sebanyak 200 penumpang.

"Kami sudah mengantisipasi menghadapi arus mudik pada lebaran kali ini. Dengan jumlah kapal sebanyak ini maka diharapkan lonjakan penumpang bisa teratasi dan terlayani dengan baik," katanya.

Selain itu, bagi pemudik yang membawa serta kendaraannya, Pelni Makassar juga telah menyiagakan kapal Roll on roll off (Ro-ro) atau pengangkut untuk melayani masyarakat.

Ia menjelaskan, puluhan kapal yang dipersiapkan itu akan melayani sejumlah rute pelayaran dari dan ke Makassar.
Adapun beberapa rute yang selama ini dilayani Pelni Makassar yakni rute selatan yang meliputi Bima, Labuan Bajo, Larantuka, Flores dan Kupang.

Sedangkan untuk rute dari timur yang Ke arah utara yang meliputi daerah Banggai, Bitung, Nunukan, Tarakan, Ternate.

Sementara ke arah barat adalah Surabaya, Balikpapan, dan ke timur yakni rute ke Bau-bau, Ambon sampai Papua.

"Saat ini sudah ada peningkatan penumpang yang terjadi dari dan ke Makassar. Namun untuk lonjakan yang paling besar tentu jelang hari raya nanti," ujarnya.

Untuk jumlah penumpang, dirinya tetap berpatokan pada jumlah tahun lalu yang mencapai 49 ribu penumpang. Pihaknya juga mengaku siap menyambut dan memberikan layanan secara maksimal bagi para penumpang.

"Untuk keamanan tentunya sudah kita lakukan seperti melakukan pengecekan kondisi kapal dan sebagainya," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024