Makassar (Antara Sulsel) - Ketua Program Studi Strata Tiga (S3) Sosiologi PPs-Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Andi Agustang, M.Si menilai jika Rektor Prof Dr Husain Syam MTP mencatatkan namanya sebagai rektor paling sukses karena mampu menghasilkan akreditasi A.

"Ini pertama kalinya UNM meraih akreditasi A. Sejak dulu, waktu masih bernama IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) sampai berubah jadi universitas, belum pernah meraih akreditasi A dan baru sekarang dapat akreditasi A, itu karena kerja keras rektornya," ujar Andi Agustang di Makassar, Senin.

Raihan akreditasi tertinggi kampus itu didapatkan berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan No.1465/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2 017.

Dijelaskannya, pencapaian status akreditasi itu menjadikan kampus UNM semakin diperhitungkan, apalagi PTN dengan nilai akreditasi institusi A masih dihitung sebelah jari tangan di wilayah Kawasan Timur Indonesia.

Agustang menyebut kesuksesan Rektor UNM ini karena berhasil menatakelolah kampus hingga memenuhi kriteria Akreditasi Institusi A, yakni tidak tanggung-tanggung mengeluarkan dana untuk kepentingan capaian akreditasi institusi.

"Saya yakin atas keterbukaan beliau menerima saran dari pihak manapun dan juga selalu memperhatikan bawahannya maka tidak terlalu lama UNM akan setara dengan kampus yang sudah lama berjaya di Pulau Jawa," tandasnya.

Menurut dia, kepedulian tata kelolah akademik dan tata kelolah administrasi serta keuangan menjadi perhatian utama, ditunjang oleh jaringan rektor di luar institusi akan mempercepat loncatan UNM menuju kejayaannya.

Rektor UNM juga dinilai sangat paham toeri Abraham Maslow dalam menggerakkan orang, shingga tim kerja peningkatan kualitas lembaga juga bekerja secara baik dan telaten.

"Sejak dari awal, Prof Husain senantiasa bersemangat membuat civitas akademika lebih baik dan lebih sejahtera, makanya kita tidak heran akan capaian ini," ucapnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024