Makassar (Antara Sulsel) - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan untuk kegiatan parade bunga di ajang "Beautiful Malino" akan menggunakan berton-ton bunga yang diambil dari berbagai sudut di daerah dingin tersebut.

"Untuk parade bunga kita gunakan berton-ton. Di Malino itu memang banyak ditumbuhi berbagai macam bunga seperti bunga krisan dan lain-lain yang memang tumbuh subur dan menjadi ciri khas Malino," katanya usai bertemu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo diruang kerjanya di Makassar, Selasa.

Ia menjelaskan, banyaknya jumlah bunga yang digunakan pada parade nanti karena diikuti lebih banyak peserta. Bahkan hampir seluruh kabupaten/kota di Sulsel ikut ambil bagian dalam kegiatan parade bunga tersebut.

Para bunga yang menjadi salah satu kegiatan yang dihadirkan pihak penyelenggara `Beautiful Malino" itu tentunya juga untuk memperlihatkan segala potensi dari daerah tersebut ke setiap wisatawan yang berkunjung.

Ini juga sebagai upaya mendorong masyarakat Malino untuk bisa menyemerakan penanaman bunga di daerah masing-masing kedepan.

Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sejak tahun lalu memang telah mendorong masyarakat untuk mengembangkan bertani bunga krisan untuk meningkatkan kesejahteraan. Sebab potensi bunga krisan begitu besar dengan banyaknya permintaan ekspor dari negara luar.

"Sekarang ada peluang bisnis yang begitu besar dan seharusnya bisa dimanfaatkan masyarakat yakni dengan mengembangkan bunga krisan. Dari kebutuhan 300 ribu batang perminggu, itu ibu JK (Perkebunan bunga krisan milik Mufidah JK di Malino) baru memenuhi sekitar 6.000 batang perminggu," katanya.

Melihat kondisi itu, kata dia, maka masih begitu banyak kuota atau bahkan lebih besar lagi yang dibutuhkan agar bisa memenuhi seluruh permintaan ekspor.

Besarnya permintaan ekspor dari negara luar terhadap bunga krisan, lanjut dia, karena bunga krisan Malino memang yang terbaik di dunia.

Artinya potensi masyarakat untuk lebih sejahtera bisa begitu terbuka jika mampu memanfaatkan peluang yang ada saat ini.

"Kebun ibu JK ada di Malino dan mengekspor bunga anggrek krisan. Kita juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak dalam pengembangan bunga krisan yang berkualitas tinggi," sebutnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024