Mamuju (Antara Sulbar) - Wakil Bupati Mumuju Sulawesi Barat Irwan SP Pababari melepas kontingen daerah itu yang akan berlaga pada kejuaraan "Daihatsu Astec Open (DAO)" di Kota Makassar Sulawesi Selatan, 12-16 Juli 2017.

"Saya berharap, kontingen yang akan mewakili Mamuju serius selama menjalani kejuaraan. Ajang ini bisa dijadikan sebagai awal dalam merintis karir sebagai seorang atlet khususnya dalam olahraga bulu tangkis," kata Irwan Pababari, di Mamuju, Selasa.

Pelepasan kontingen Mamuju yang akan berlaga di ajang "Daihatsu Astec Open (DAO)" tersebut berlangsung di rumah jabatan wakil bupati yang juga dihadiri Ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Sulawesi Barat Arman Salimin,

Atlet yang mewakili Kabupaten Mamuju pada kejuaraan tersebut, berasal PB Mutiara Manakarra.

"Untuk para atlet, tunjukkan bahwa Mamuju tidak kalah dari kabupaten lain. Jadikanlah bulu tangkis bukan hanya sekedar hobi serta bukan hanya olahraga biasa, tetapi sudah terbangun peradaban modern bahwa ini adalah olahraga yang yang sifatnya profesional," ujar Irwan Pababari.

Sementara itu, Ketua PBSI Provinsi Sulawesi Barat Arman Salimin, menyampaikan, dalam kejuaraan Astec Open kali ini, Sulawesi Barat mengikutkan tiga kabupaten, yakni Polewali Mandar yang mengirim dua klub, yakni PB Winner dan PB Galaxi, Majene yang diwakili PB Mario sementara Mamuju diwakili PB Mutiara Manakarra.

"Melihat latar belakang prestasi beberapa atlet yang sudah menjuarai beberapa turnamen kami optimistis, para atlet Sulbar yang sudah dibina selama ini dapat membawa hasil yang tidak mengecewakan," kata Arman Salimin.

Ia berharap, ada atlet yang mewakili Sulbar bisa masuk final dalam kejuaraan "Daihatsu Astec Open" tersebut.

"Masuk final saja sudah luar biasa, mengingat kita bertemu dengan atlet-atlet yang telah rutin mengikuti kegiatan tahunan. Apalagi, kejuaraan ini juga banyak diikuti pebulutangkis nasional seperti dari Jakarta dan Jawa Barat," terang Arman Salimin.

Kejuaraan "Daihatsu Astec Open (DAO)" akan digelar di GOR Dafes Daya Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12-16 Juli 2017.

Pada ajang tersebut, beberapa kategori dipertandingkan, seperti kategori usia dini, taruna dan veteran, dengan nomor tunggal dan ganda.

Turnamen ini merupakan kolaborasi antara apparel bulu tangkis Astec milik peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Alan Budikusuma dan Susy Susanti.

Kejuaraan tersebut dibagi dalam enam seri, yakni, Seri I area Sumatera berlangsung di Pekanbaru, Provinsi Riau pada 4-8 April, Seri II juga untuk area Sumatera berlangsung di Bandar Lampung Provinsi Lampung pada 24-28 April, kemudian Seri III yang digelar di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim meliputi area Kalimantan, Bali dan NTB berlangsung pada 16-20 Mei serta Seri IV meliputi area Sulawesi, Ambon dan NTT yang akan dilaksanakan di Makassar Sulsel berlangsung 12-15 Juli 2017.

Sedangkan untuk Seri V yang akan digelar di Malang Jawa Timur pada 25-29 Juli dengan area Jawa serta Seri VI di Semarang Jawa Tengah pada 16-19 Agustus 2019 meliputi area Jawa.

Grand Final "Daihatsu Astec Open" tersebut akan berlangsung di Jakarta pada 18-24 September 2017. 

Pewarta : Amirullah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024