Makassar (Antara Sulsel) - Panitia penyelenggara kegiatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang dilaksanakan di Makassar itu akan menghabiskan anggaran sebesar Rp5 miliar.

"Anggarannya cukup besar, panitia penyelenggara itu siapkan Rp5 miliar demi kelancaraan Harkopnas di Makassar," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Makassar, Evi Aprialti di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk menunjang kelancaran acara serta memenuhi kebutuhan dari para peserta seperti penginapan, transportasi, makan-minum dan lainnya.

Evi mengungkapkan pelaksanaan Harkopnas akan meningkatkan perekonomian di Kota Makassar karena jumlah insan koperasi yang beradatangan itu diperkirakan lebih dari 2.000 orang.

"Para peserta datang ke Makassar ini bukan saja datang duduk atau mengikuti kegiatan Harkopnas, pastinya mereka juga akan melakukan kegiatan lain seperti berwisata atau belanja. Ini pastinya mengangkat ekonomi Makassar," katanya.

Disebutkannya, dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat Makassar, pihaknya tengah mempersiapkan lebih dari 1.000 UKM yang akan meramaikan Harkopnas. 100 di antaranya merupakan jajanan kuliner khas Makassar.

"Kita sudah persiapkan 1.000 UKM dan 100 UKM diantaranya itu khusus untuk jajanan kuliner Makassar. Para pelancong yang datang ke Makassar itu umumnya selalu mencari makanan khas dan inilah yang akan kita tampilkan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Dekopin Pusat Pahlevi Pangeran mengaku, pada acara Harkopnas itu, pihaknya banyak dibantu oleh pemerintah maupun perusahaan-perusahaan milik negara serta swasta dalam menunjang kelancaran acaranya.

Meskipun menyebut telah mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, Pahlevi enggan menyebut besaran anggaran yang ia gelontorkan untuk pelaksanaan Harkopnas.

"Yang jelas lumayan besar lah, pemerintah juga ikut membantu kita, termasuk perusahaan BUMN dan swasta juga bantu kita. Intinya, kegiatan besar yang kita lakukan ini semuanya karena adanya keterlibatan semua pihak," ucapnya.

Selain kegiatan yang dilaksanakan di hotel, kegiatan juga akan diwarnai dengan acara pembukaan seperti, Expo koperasi nasional dan internasional, Kongres III Koperasi hingga jalan sehat yang mengambil rute berawal di Pantai Losari dan berakhir di Lapangan Karebosi.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024