Sinjai (Antara Sulsel) - Bupati Sinjai H Sabirin Yahya meminta kepada tim penilai lomba desa/kelurahan Regional III meliputi Kalimantan dan Sulawesi untuk melakukan penilaian yang objektif dan profesional di Desa Batu Belerang Kabuaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

"Saya minta tim penilai lomba desa untuk melakukan penilaian yang objektif dan profesional," kata Sabirin saat menerima tim klarifikasi penilaian lomba desa Regional III di Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selaan, Kamis.

Sebelumnya Kabupaten Sinjai pernah meraih juara satu lomba desa tingkat nasional pada 2007 yang saat itu diwakili Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo.

"Dengan melihat kondisi Desa Batu Belerang dan berbagai sarana pendukung pemerintahan, maka saya berkeyakinan sejarah satu dasawarsa piala Adikarya Bhakti Praja akan kembali bersemayam di tanah `Bumi Taman Hutan Raya`," kata Sabirin.

Tim penilai lomba desa tersebut terdiri dari empat orang yang diketuai Valentinus Sudardjanto Sumito dengan anggota Nasrullah, Rini Syahrini dan Elida Siagian.

Valentinus mengatakan, Batu Belerang lolos lima besar dalam penilaian lomba desa Regional III yang meliputi 11 Provinsi, 118 Kabupaten,1.486 Kecamatan dan 15.239 Desa.

Menurut Valentinus, tim ini akan melakukan penilaian seobjektif mungkin, dan hasil temuan itu nantinya dipaparkan kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Adapun indikator penilaian lomba desa ini di antaranya bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan," ujarnya.

Valentinus juga berharap kepada unsur pemerintah daerah agar terus dapat melakukan pembinaan pascapenilaian lomba desa ini, sehingga Desa Batu Belerang bisa masuk tiga besar dalam penilaian Regional III.

"Saya juga berharap agar ibu-ibu bisa mengambil peran dalam perencanaan pembangunan desa," katanya seraya memuji Desa Batu Belerang dengan suasana wilayah yang tampak sejuk dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Belerang Ahmad P memaparkan pelaksanaan pembangunan di desanya di hadapan tim penilai lomba desa dan seluruh tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam Kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Sinjai, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Para Asisten Setdakab Sinjai, Staf Ahli Bupati Sinjai, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai, Kepala OPD Kabupaten Sinjai, Kepala Bagian Setdakab Sinjai, Camat Se-Kabupaten Sinjai, Kepala Desa Batu Belerang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda Desa Batu Belerang.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024