Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) `membakar` semangat seluruh pelajar yang mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA-SMK tingkat Provinsi Sulsel tahun ajaran 2017/2018.

"Indonesia negara yang hebat, kalian anak dari sebuah negara besar bernama Indonesia. Tidak ada yang sebesar Indonesia," ujar Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di hadapan ribuan pelajar di pelataran Rumah Jabatan Gubernur di Makassar, Jumat.

Gubernur Sulsel memberikan motivasi kepada para siswa baru yang juga tampak bersemangat hadir di masa pengenalan lingkungan sekolah yang akan dilaksanakan 21-22 Juli di sekolah masing-masing.

Ketika memberikan motivasi, Syahrul Yasin Limpo menuju ke tengah lapangan di sambut meriah dengan sorakan dari ribuan siswa itu.

Gubernur Sulsel dua periode itu memulai dengan bernyanyi lagu Indonesia Tanah Air Beta yang diselingi dengan puisi dan kata-kata motivasi.

"Kalian anak bangsa yang besarnya sama dengan 20 negara Eropa, kalian orang apakah? Indonesia," kata bupati Gowa dua periode ini.

Syahrul menyampaikan pesan dengan gaya retorika dan menyatakan pentingnya berpikir positif dan mempunya cita-cita tinggi.

"Ayo berdoa, angkat tangan. Ayo berjanji pada diri sendiri untuk membahagiakan Ibu dan Bapak. Menjadi pribadi yang cerdas dan berkarakter jujur. Al Fatihah," tuntun SYL.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo menjelaskan 99,99 persen penerimaan siswa baru di Sulsel tahun ini dijamin berintegritas.

Ia mengataan siswa baru tamatan SMP tahun ini sebanyak 151.472 orang, dan daya tampung SMA sekitar 158.222 kursi, sehingga terdapat 6.750 kursi lebih. Adapun tamatan SMP yang lulus sebanyak 150.665 orang, sementara yang tidak lanjut mendaftar 807 orang.

"Kami menjamin bahwa penerimaan siswa baru tahun ini murni dan berintegritas 99,99 persen berintegritas, dan tidak ada yang keluar dari petunjuk teknis," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024