Makassar (Antara Sulsel) - Bidang Teknologi dan Sistem Informasi (TSI) Bapenda Sulawesi Selatan menggelar pelatihan bagi operator sistem (opsis) dan operator darat (opdat) lingkup Bapenda Sulsel terkait aplikasi samsat di Makassar, 22-23 Juli 2017.

Pelatihan yang dibuka Kabid TSI, Adhita Sandhya Dharma mewakili Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto TR itu berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya karena dalam pelatihan ini peserta diajarkan perkembangan teknologi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi Samsat Sulsel.

"Kami berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan seksama karena banyak hal teknis yang akan diajarkan terkait pengembangan aplikasi dan materi baru di Samsat Sulsel," ujarnya.

Tampil sebagai pemateri adalah Kasubid PAD I Andi Awaluddin yang membawakan materi tentang perhitungan teknis NJKB 2017 terkhusus untuk kendaraan umum atau kendaraan plat kuning.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Kasubid Infrastruktur dan Jaringan, Andi Ary Abdi Panawan terkait sistem jaringan VPN-IP Samsat Sulsel.

Pelatihan ini diikuti puluhan peserta dari seluruh UPT di Sulsel yakni petugas opsis dan opdat plus petugas gerai.

Materi juga akan dibawakan oleh Armansyah Saiful yakni pengenalan windows dan aplikasi yang digunakan di Samsat Sulsel. Materi lain yang akan dibawakan oleh Ilham Syarifuddin yakni pengenalan hardware dan network.

Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat mengoperasikan aplikasi dan memperbaiki kerusakan kecil jika terjadi di UPT," kata Arman.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024