Makassar (Antara Sulsel) - Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON), melakukan tes analisa kesehatan dan mental training kepada atlet Pendidikan Pelatihan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sulawesi Selatan.

Kabid Antropometri dan Kapasistas Fisik PPITKON, Waluyono di Makassar, Rabu, mengatakan kegiatan PPITKON ini merupakan program tahunan yang rutin dilakukan untuk pengujian dan analisa kesehatan dan mental training atlet PPLP seluruh Indonesia tahun 2017.

"Khusus tahun ini awal kegiatan dilakukan di Indonesia Timur dan Sulsel merupakan daerah kelima yang dikunjungi PPITKON. Minggu lalu awal kegiatan kami di Gorontalo, kemudian Mamuju, Ternate, Manado dan yang kelima terakhir di sini, Makassar," katanya.

Tes dan analisa kesehatan tersebut berlangsung di Hall PPLP Sulsel hari ini dan dibuka oleh Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sulsel Hery Sumiharto.

Ia menjelaskan timnya melakukan pengukuran antropometri, kapasitas fisik, kebugaran jasmani dan mental training atlet. Hasil tes tersebut diserahkan kepada Dispora Sulsel sebagai institusi pembina atlet PPLP dalam bentuk rekomendasi.

"Hasil tes dan analisa yang dilakukan Tim PPITKON terhadap kondisi atlet PPLP Sulsel akan diserahkan kembali ke pihak institusi pembina dalam hal ini Dispora Sulsel untuk dijadikan bahan evaluasi pembinaan PPLP Sulsel ke depan,"jelas Waluyo.

Sementara itu, Heri Sumiharto berharap ada hasil positif dari kegiatan ini. Terutama sebagai bahan monitoring dan evaluasi persiapan atlet dan pelatih jelang Popnas Semarang nanti.

"Kami terus mematangkan persiapan menuju Popnas Semarang akan datang. Hasil pengujian ini bisa kami jadikan bahan evaluasi atlet dan pelatih PPLP Sulsel ke depan," harap Hery Sumiharto mewakili Kadispora Sulsel. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024