Kendari (Antara Sulsel) - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,0 skala Richter mengguncang wilayah Tenggara Pulau Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amalia, di Kendari, mengatakan berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 07:16:29 Wita berkekuatan 4,0 SR dengan episenter pada koordinat 4.16 LS - 123.17 BT.

"Tepatnya sekitar 24 kilometer Tenggara Langara, Konawe Kepulauan, pada kedalaman 32 kilometer," katanya.

Ia mengatakan, peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Wawonii Barat dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).

"Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang. Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut," katanya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah tenggara Wawonii tersebut katanya, hingga laporan ini disusun pada pukul 09.15 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ditinjau dari kedalamannya Lanjut Rosa, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melalui wilayah tersebut. 

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024