Mamuju (Antara Sulbar) - Realisasi anggaran pada program kegiatan pembangunan di Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat mencapai 77 persen dari total pagu anggaran yang dikelola.

"Pada 2017 ini Dinas Pertanian Provinsi Sulbar mengelola anggaran sekitar Rp54 miliar bersumber dari APBD Sulbar," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulbar Hamzah di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, dari total anggaran pertanian yang dikelola tersebut sudah dihabiskan sekitar 77 persen untuk program pembangunan pertanian.

Menurut dia, anggaran yang dikelola dinas pertanian Sulbar tersebut terdiri dari belanja langsung dan belanja tidak langsung, terbagi untuk dana alokasi khusus dan dan dana alokasi umu.

Ia mengatakan, anggaran yang belum terealisasi akan dialokasikan pada APBD perubahan 2017 agar dapat terserap habis untuk kebutuhan pembangunan.

Ia menyampaikan Dinas Pertanian Sulbar akan mengembangkan populasi ternak sapi dan kambing disamping juga akan mengembangkan pertanian padi dan palawija untuk peningkatan sektor pangan di Provinsi Sulbar.

Hamzah juga dukungan pemerintah pusat untuk Sulbar juga telah mengalir untuk program optimalisasi produktivitas pertanian.

"Sulbar telah mendapatkan bantuan dari Kementrian Pertanian berupa empat unit traktor besar traktor kecil sebanyak 20 unit," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024