Mamuju (Antara Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mendorong peningkatan sumber daya manusia untuk membangun ekonomi daerah karena tanpa pengembangan SDM maka sulit ekonomi terbangun.

"Masalah membangun perekonomian selama ini karena SDM rendah makanya itu SDM harus terus digenjot, dengan membangun pendidikan non formal demi terlatihnya dan profesionalnya SDM Sulbar mengkontribusi pembangunan ekonomi," kata Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, untuk upaya peningkatan perekonomian Sulbar maka usaha masyarakat pada sektor industri rumah tangga harus dengan memaksimalkan bantuan dana kredit usaha rakyat (KUR) dari pihak perbankan.

"Peningkatan SDM perlu ditingkatkan begitu juga harus dimaksimalkan, semua pihak perusahaan dapat membangun kantor perwakilan di Sulbar untuk membangun ekonomi, kantor bea cukai harus dibangun agar ekonomi maju sesuai harapan bersama," katanya.

Selanjutnya, permasalahan modal merupakan salah satu penunjang pertumbuhan perekonomian, setelah peningkatan SDM, peningkatan SDA, didukung dengan peralatan serta kemajuan teknologi yang maju, dan pemberian ruang bagi masyarakat kecil.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat, Khaeruddin Anas mengatakan, upaya mendorong perekonomian Sulbar, juga mesti dengan mendorong pembangunan sektor prioritas Sulbar seperti, sektor pertanian, sektor perikanan, sektor perkebunan dan sektor peternakan.

"Pelabuhan juga sudah disiapkan untuk mendukung dunia perdagangan, pelabuhan yang telah berkembang tidak dapat berjalan dengan maksimal jika tidak didukung dengan tenaga teknis yang profesional, sehingga SDM sangat menentukan seluruh sektor pembangunan ekonomi," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024