Manado (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menawarkan potensi daerahnya pada forum bisnis Indonesia-Canada yang digelar di gedung Aberdeen Pavilion, Landsdowne Park, Ottawa-Canada, Jumat (25/8), kata Kepala Bagian Humas Setdaprov Roy Saroinsong, Minggu.

Gubernur Olly diberikan kesempatan menjadi panelis berjudul "Investment Opportunities in Indonesia" yang memaparkan berbagai peluang investasi di provinsi ujung utara Sulawesi itu, kata dia Roy Saroinsong, di Ottawa, kepada ANTARA, di Manado.

"Beberapa potensi yang ditawarkan adalah bidang pariwisata, sumber energi, infrastruktur dan agro industri," sebut Saroinsong di Manado.

Secara detail, lanjut dia, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menjelaskan beberapa proyek investasi strategis yang siap untuk ditawarkan ke investor.

"Proyek ini sudah memiliki studi kelayakan, proyek ini layak dikerjakan dan memberikan manfaat untuk pembangunan serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Gubernur menjelaskan, proyek tersebut adalah pengembangan listrik tenaga panas bumi berpotensi 918 megawatt dengan nilai investasi diperkirakan sebesar 1,8 juta USD, listrik tenaga surya untuk tiga kabupaten kepulauan dan daerah terpencil serta daerah pariwisata di pulau-pulau yang membutuhkan listrik berbasis tenaga surya.

Begitupun dengan beberapa proyek strategis lainnya, seperti pembangunan jalur kereta api Manado-Bitung serta pembangunan infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung.
Gubernur, lanjut dia, memberikan jaminan mendukung investor yang telah siap berinvestasi dan menanamkan modal di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu.

Bersama-sama dalam panel forum diskusi hadir Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif RI Ricky Joseph Pesik, Gubernur Sumatera Barat Irwant Prayitno dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk New York Erwin Haryono, serta Deputi Senior Asia Internasional Business Development Canada Mr. Jean Mark Hunt.

Pada forum bisnis itu, delegasi yang ikut mendampingi Gubernur Olly Dondokambey yaitu Kepala Perwakilan BI Soekowardojo, Plt Karo Protokol Humas dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Sulut Clay June H Dondokambey, S.STP MAP serta Karo Administrasi Ekonomi dan SDA Setdaprov Dr Franky Manumpil.

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024