Makassar (Antara Sulsel) - Markisa Aurora yang diproduksi oleh industri rumah tangga CV Nuh Aurora menggabungkan buah Markisa dan Rumput Laut sebagai pembeda dari produk sirup buah Markisa lain.

"Sirup Markisa kan ada banyak di pasar Makassar, kami ingin menjadikan Markisa Aurora ini unik, makanya kami berinovasi dengan mencampurkan Markisa dengan ekstrak Rumput Laut," jelas pemilik CV Nuh Aurora Ramlah Rauf yang ditemui di sela pameran Sulsel Expo di Makassar, Minggu.

Rumput Laut, kata dia, diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan maupun kesehatan kulit, apa lagi di Makassar cukup banyak Rumput Laut.

"Manfaat Rumput Laut dengan kesegaran buah Markisa ini yang kami satukan dalam produk kami," ucap Ramlah yang memamerkan produknya di stand milik Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel.

Ramlah mengatakan awalnya pihaknya dilatih oleh Dinas Perindustrian Sulsel mengenai pembuatan sirup Markisa dan pengemasan. Sebelum pelatihan, lanjutnya, Dinas Perindustrian bahkan melakukan tes termasuk tes psikologi untuk menentukan peserta pelatihan.

"Awalnya kami dilatih, tapi kemudian kami berinovasi dengan menambahkan rumput laut," ucapnya.

Usaha skala rumah tangga yang dimulai tahun 2013 ini, kata dia, memproduksi hingga 300 botol sirup Markisa perbulan dengan omzet hingga sekitar Rp10 juta per bulan.

Saat ini pihaknya memproduksi dalam dua kemasan yaitu kemasan botol 500 ml dan 1.000 ml dengan harga masing-masing Rp35 ribu dan Rp70 ribu.

"Markisa ini kami pasarkan secara daring dan dititipkan ke toko oleh-oleh khas Makassar," kata dia.

Ke depan ia berharap Dinas Perindustrian terus memberikan dukungan khususnya dalam promosi produk.

"Kami berharap diberi kesempatan untuk lebih banyak mengikuti pameran-pameran semacam ini," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024