Mamuju (Antara Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat diminta untuk dapat memprogramkan pembangunan pendidikan dengan mencetak 25 orang bergelar doktor setiap tahun.

"Untuk meningkatkan sumber daya manusia di Sulbar maka pemerintah harus memajukan sektor pendidikan," kata Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Husain Syam, saat pembahasan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) di Sulbar di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, salah satu program yang dapat dilakukan dalam memajukan pendididikan adalah dengan mencetak 25 orang bergelar doktor setiap tahun.

Menurut dia, salah satu kendaala pendidikan yang terjadi di Sulbar adalah kekurangan guru besar, itu bentuk ketidak konsistenan dan komitmen langkah kongkrit dalam penanganan sumber daya manusia .

Oleh karena itu memberi tantangan kepada Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar untuk melakukan peningkatan sumber daya manusia di Sulbar dengan mencetak sebanyak 25 doktor setiap tahun.

"Kiranya Gubernur dapat menargetkan 25 orang gelar doctor, bagi putra-puteri asli Sulbar, mendorong putera-puteri Sulbar berarti mendorong kemajuan Sulbar kedepan," katanya.

Husain Syam yang juga putra asli Sulbar berharap pula agar pembangunan disektor pendidikan juga memperhatikan pembangunan budaya karena itu juga akan mengankat pembangunan di Sulbar.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024