Bulukumba (Antara Sulsel) - Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mendapat bantuan hibah kapal rakyat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2018, untuk mendukung  tol laut  Indonesia sesuai rencana pemerintah pusat yang akan membangun sektor kemaritiman.

"Hal ini terungkap pada rapat pemantapan penerima bantuan hibah kapal di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, hari ini,  yang dipimpin Plt. Dirjen Perhubungan Laut Bay Mokhamad Hasani dan dihadiri Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali," kata Kepala Dinas Perhubungan Bulukumba Andi Kurniadi melalui whatsapp diterima di Bulukumba, Rabu.

Menurut Andi, Kementerian Perhubungan akan membuat 24 unit kapal rakyat pada 2017, untuk diberikan kepada daerah yang memiliki potensi perairan laut, termasuk Kabupaten Bulukumba, guna mendukung  tol laut  Indonesia.

"Pembuatan kapal sudah dilaksanakan pada 2017 ini melalui tender di Kemenhub, dari 24 kapal tersebut, lima diantaranya dikerjakan di Kabupaten Bulukumba," ujarnya.

Dia menambahkan, ada tiga perusahaan asal Provinsi Sulawesi Selatan yang jadi pemenang tender dari 24 paket pembuatan kapal rakyat tersebut, dan satu diantaranya adalah perusahaan dari Bulukumba yaitu PT. Putra Arung Samudra yang kontrak pelaksanaan pekerjaannya sampai dengan 31 Desember 2017.
 
"Kapal yang diperuntukkan mengangkut penumpang dan barang ini menelan anggaran sebesar Rp2,3 miliar dengan ukuran panjang 17.65 meter dan lebar 4 meter serta menggunakan mesin 35 GT yang dapat mengangkut 24 penumpang," ujar Kurniadi.

Sementara itu, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, mengatakan Bulukumba masuk  jalur tol laut  di Indonesia, untuk mendukung tol laut tersebut saat ini dibangun pelabuhan di Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.

"Jadi bantuan ini bukan hadiah dari Pemerintah Pusat, tetapi untuk mendukung Bulukumba sebagai jalur tol laut Indonesia," katanya.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024