Makassar (Antara Sulsel) - Panitia penyelenggara Makassar International Eight Festival and Forum (F8) akan mempertandingkan olahraga Muaythai pada hari ketiga pelaksanaan bertempat di laut.

"Ini pertama kali di dunia, pertandingannya kami gelar di laut. Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) yang punya tanggung jawab acara itu," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, olahraga bela diri dari Thailand itu baru dimasukkan sebagai bagian dari pertunjukan pada pelaksanaan F8 Makassar ini setelah melihat tingginya animo pendaftar.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengakui tingginya animo dari para atlet karena pertandingannya yang tidak biasa dan dilaksanakan di laut.

"Kalau biasanya olahraga ini dilakukan di indoor tapi kali ini kami lakukan secara outdoor. Tapi yang paling spesial lagi karena kami siapkan arenanya di laut," katanya.

Menurut dia, olahraga adalah salah satu bagian dari promosi pariwisata dan pertandingan yang dilakukan di atas laut juga bertujuan agar para atlet maupun official tim bisa menikmati udara di suana terbuka itu.

"Jadi bukan hanya olahraganya yang didapat tapi wisata dan suasananya juga. Ini pertama di dunia dan belum ada yang melakukannya kecuali di Makassar ini," jelasnya.

Danny menyebutkan, F8 yang dilaksanakan pada 6 hingga 10 September 2017 mengambil tempat di Anjungan City of Makassar hingga Toraja dan Mandar.

Danny menerangkan, kemeriahan F8 yang akan melebihi kemeriahan dari AMF karena pada kegiatan AMF yang lalu hanya menghadirkan para wali kota se-ASEAN.

Kegiatan F8 dihadiri undangan maupun wisatawan dari 34 negara dengan dihadiri para duta besar dan perwakilannya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024