Mamuju (Antara Sulbar) - Jemaah haji asal Provinsi Sulawesi Barat yang akan tiba dari tanah suci Mekkah di embarkasi haji Sudiang Makassar Provinsi Sulawesi Selatan akan bermalam satu hari sebelum dipulangkan ke daerahnya di Sulbar.

Kepala Bidang Pelayanan Haji Kementrian Agama Provinsi Sulbar Muflih BF di Mamuju, Sabtu, mengatakan, jemaah haji Sulbar tidak akan lanhsung di pulangkan kedaerahnya masing masing ketika tiba di embarkasi haji Makassar.

Ia mengatakan, jemaah haji Sulbar akan bermalam sehari sebelum dipulangkan ke daerahnya di enam Kabupaten di Sulbar.

Menurut dia, kepulangan jemaah haji Sulbar telah dipersiapkan masing-masing pemerintah ditingkat Kabupaten, barang bawaan para jemaah haji seperti air zam-zam diupayakan akan tiba terlebih dahulu di daerahnya masing masing, dan para jemaah haji telah dijatah air zam-zam sebanyak lima liter untuk setiap jamaah haji.

Ia menyampaikan jemaah haji Sulbar dibagi dalam empat kloter masing masing kloter 18 kloter 26 dan kloter 27 serta 28, dan setiap kloter berjumlah sekitar 455 orang jemaah haji kecuali kloter 28 yang diisi
jemaah haji asal Kabupaten Mamasa yang hanya berjumlah 108 orang.

Mengenai jadwal kepulangan jemaah haji Sulbar yakniuntuk kloter 18 terdiri dari jemaah haji Kabupaten Majene sebanyak 254orang dan jemaah haji Kabupaten Polewali Mandar (Polman) sebanyak 193 orang pada 21 September 2017 pukul 18.15 Wita di debarkasi haji Makassar Sulawesi Selatan.

Sementara untuk jemaah haji kloter 26 terdiri dari jemaah haji Kabupaten Mamuju sebanyak 261 orang dan jemaah haji Kabupaten Polman sebanyak 25 orang serta jemaah haji asal Kabupaten Mamuju Tengah sebanyak 161 orang pada 29 September 2017 pukul 22.50 wita.

Sedangkan kloter 27 terdiri dari jemaah Kabupaten Mamuju Utara sebanyak 156 orang, Polman 290 orang pada 30 september 2017 pukul 16.10 wita, sementara kloter 28 yang diisi jemaah haji asal Kabupaten Mamasa yang hanya berjumlah 107 orang pada 1 Oktober 2017 pukul 06.00 wita.

Jemaah haji Sulbar tersebut didampingi ejumlah petugas dari tim pemandu haji daerah (TPHD) tim pemandu haji Indonesia, tim kesehatan haji Indonesia (TPHD) dan tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) pada sejumlah kloter.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024