Manado (Antara Sulsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sulawesi Utara meminta warga mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di wilayah Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Minggu.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, warga diharapkan berhati-hati apabila melakukan aktivitas," ajak Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Tri Tjahyo.

Dia menambahkan, pada siang hari cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di wilayah Kota Manado, Tomohon, Tondano (Kabupaten Minahasa), dan Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Selanjutnya, Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur), dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Pada malam hari, cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di wilayah Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Sedangkan pada dini hari, berpotensi hujan ringan bersifat lokal di wilayah Kota Manado, Tondano (Kabupaten Minahasa), dan Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro).

Sementara hujan sedang hingga lebat di wilayah Kota Kotamobagu dan Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow).

"Suhu udara 18¿32 derajat selsius dengan kelembaban 65¿95 persen. Sementara kecepatan angin yang bertiup dari arah tenggara-selatan 10¿20 kilometer per jam," katanya menjelaskan. 

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024