Makassar (Antara Sulsel) - PT Angkasa Pura I yang mengelola Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menggandeng Airports Council International (ACI)guna meningkatkan kualitas keselamatan bandara.

"Melalui Airport Excellent (APEX) in Safety ini dilakukan evaluasi terhadap aspek keselamatan di bawah," kata Direktur utama PT Angkasa Pura I Danang S Baskoro di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan bagian dari pelayanan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Sebagai anggota ACI yang merupakan organisasi dunia terkait penyediaan informasi, lanjut dia, pihaknya melakukan standar pelayanan sesuai yang dianjurkan untuk bandar udara, termasuk membantu mengembangkan standar bandar udara skala internasional.

Dalam hal ini pihak Angkasa Pura I (Persero) akan dinilai dan dievaluasi oleh ACI terkait tingkat keselamatan penerbangan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Intermational Civil Aviation organization (CAO) di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Pada kegiatan ini, Tim Auditor dari ACI akan menilai aspek-aspek mengenai standard operating Procedure (SoP) dan implementasinya di lapangan.

Tim Auditor dari ACI sendiri terdiri dari manajemen safeer (pengaman) bandara internasional dari berbagai negara, di antaranya yaitu Ermenando Silva selaku Manager ACI, Ramapurath Rajendra Menon selaku Airside Project Manager Dubai Airport, Anthony Conte selaku Manager Airfield operations & Compliance sydney Airport Corporation, Badriyan

Noordin selaku Manager Malaysia Airports Holding Berhad, Dirk Geukens selaku Senior Safety Expert Brussels Airport, ozan Karakis Airside operation Director Istanbul Grand Airport, Ardi Bin Habi selaku Manager Malaysia dan Lahkim Anass selaku Airport rescue and Fire Airport Authority ONDA.

"PT Angkasa Pura l (Persero) sangat mendukung kegiatan APEXinsafety untuk meningkatan kualitas keselamatan di bandara kami. Semoga Bandara Sultan Hasanuddin berhasil meraih hasil terbaik dan mendapat akreditasi internasional dalam aspek keselamatan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Danang S. Baskoro disela-sela acara pembukaan APExin Safety Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar.

Semenatara itu Silva selaku Manager ACI sangat mengapresiasi pihak pengelola Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Menurut dia, kehadirannya itu untuk mengevalusi sekaligus untuk memberikan adkreditasi sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.

Sebelumnya pihak ACI juga telah melakukan evalusi pada tiga bandara internasional di Indonesia yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (Bali), Bandara Internasional Juanda (Surabaya) dan Bandara Internasional Sepinggan  (Balikpapan).

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024