Makassar (Antara Sulsel) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) siap mengadakan serangkaian acara yang terdiri atas rapat koordinasi olahraga, wisata IMI, workshop serta program pengembangan motorsport FIA di Jakarta, Oktober 2017 sekaligus membagikan sertifikasi bagi daerah untuk bisa menggelar kejuaraan internasional.

Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa dalam rilisnya di Makassar, Jumat, mengatakan pada kegiatan itu memberikan sertifikasi bagi para peserta ke dalam tiga kategori, yaitu A (dapat menyelenggarakan event nasional dan internasional), B (dapat menyelenggarakan event nasional), C (dapat menyelenggarakan event provinsi dan klub).

"Mulai tahun 2018, seluruh penyelenggara Kejurnas IMI wajib memiliki Sertifikasi kategori A dan B," ujarnya.

Untuk rapat koordinasi olahraga dan wisata IMI serta workshop 2017 akan diadakan pada 4-5 Oktober 2017. Sedangkan Program Pengembangan Motorsport FIA di Jakarta pada 13-14 Oktober 2017.

Dirinya juga berharap agar organisasi IMI secara keseluruhan dapat memaksimalkan potensi-potensi yang sudah ada.

"Berniat melakukan koordinasi intens dan mensinergikan seluruh potensi serta berbagi pengetahuan, di mana diharapkan program kerja IMI dapat tersosialisasi dengan baik melalui konsolidasi internal organisasi, sehingga pengoptimalan potensi olahraga maupun wisata skala nasional dan internasional dapat terwujud dengan baik serta terencana secara matang,"ujarnya.

Sama seperti yang telah dilakukan di tahun sebelumnya, IMI kembali menggelar workshop pada Kamis (5/10) yang juga bertujuan untuk mengali potensi-potensi keseluruhan anggota, baik IMI Provinsi, Klub IMI, ataupun promotor nasional yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Menurut dia, rapat koordinasi olahraga, wisata, workshop, serta program FIA ini merupakan bagian dari program kerja IMI Pusat yang telah ditetapkan.

Program-program ini sangat diperlukan bagi para pelaku industri otomotif di tanah air agar IMI dapat mengetahui secara pasti kapabilitas yang mereka miliki.

"Sehingga nantinya mereka memilik pengetahuan, kompetensi, serta inovasi yang baik untuk dapat menyelenggarakan suatu event kejuaraan yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," ungkap Sekretaris Jenderal IMI Pusat Jeffrey JP.

Sementara untuk Program Pengembangan FIA sendiri, yang menjadi bagian dari FIA Sport Grant Programme, akan diadakan pada Jumat (13/10) dan Sabtu (14/10).

Untuk ini, IMI akan menghadirkan langsung Michael Masi dan Phil Livingston dari Confideration of Australian Motorsport (CAMS) sebagai instruktur yang akan memberikan pelatihan kepada para peserta. Topik yang akan menjadi pokok pembahasan dalam progam FIA ini, antara lain mengenai regulasi olahraga otomotif, manajemen, homologasi, sertifikasi, serta pemberian lisensi.

Adapun pendaftaran untuk dapat mengikuti rapat koordinasi dan workshop IMI diterima paling lambat hingga Rabu (27/9) sedangkan untuk mengikuti program FIA pendaftaran akan dibuka hingga Senin (9/10) mendatang.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024