Makassar (Antara Sulsel) - Sejumlah ormas bersama kader Partai Keadilan Sejahtera Kota Makassar kembali memanfaatkan momen hari bebas berkendara untuk mengumpulkan dana kemanusian bagi korban muslim Rohingya yang mengungsi dari negaranya Myanmar, ke Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Aksi pengalangan dana tersebut dilaksanakan lembaga ormas seperti PKPU, IZI, GK, KAMMI, PROKAMI, Salimah, JSIT, ACT serta organisasi lainnya termasuk kader PKS Makassar.

Dari beberapa titik, donasi yang berhasil dikumpulkan sebanyak 29,3 juta lebih di empat titik dan terbesar diperoleh di sekitar GOR Sudiang sebesar Rp12,4, disusul Anjungan Losari Rp7,2 juta, jalan Jenderal Sudirman Rp5,9 juta, dan jalan Boulevard Rp4,6 juta.

Pada kesemptan itu, masyarakat yang mengikutui hari bebas berkendara atau dikenal `Car Free Day` terlihat antusias dengan memberikan dana seadanya dan seikhlasnya mengingat kekerasan yang terjadi kepada muslim Rohingya membuat hati tergugah untuk membantu sesama.

"Mereka perlu dibantu, kita sesama muslim harus saling membantu apalagi tragedi kemanusiaan disana masih berlangsung. Dana seadanya kita diberikan ikhlas kepada mereka minilam meringankan penderitaan saudara kita disana," ujar Muslimin salah satu pengunjung di Anjungan Losari.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Makassar, Hasan Hamido pada kesempatan itu menuturkan tujuan penggalanan dana tersebut untuk membantu sesama saudara muslim Rohingya.

"Selain mengumpulkan donasi dari masyarakat kita juga mengajak mereka mengingat dan peduli nasib serta penderitaan yang dialami saudara-saudara muslim kita disana. Kami berharap masyarakat terus mendukung agar persoalan muslim Rohingya segera selesai," katanya.

Sedangkan Sekretaris Umum DPD PKS Makassar, Mudzakkir Ali Djamil menambahkan penggalangan dana ini diawali dengan senam nusantara bersama masyarakat pada hari bebas berkendara setelah itu bergerak mengumpulkan donasi.

"Kami akan terus melakukan penggalan dana kepada masyarakat untuk membantu mereka muslim Rohingya. Kegiatan ini bukan hanya di sini tapi di tempat lain dilaksanakan hal yang sama," kata pria disapa akrab Muda ini di jalan Boulevard.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024