Makassar (Antara Sulseln) - Pengurus Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) berencana menyelenggarakan babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (pra-Porda) 2017 di Parepare, Sulsel, awal November 2017.

Sekretaris Umum Perpani Sulsel, Suherman di Makassar, Selasa, mengatakan penunjukan Parepare sebagai penyelenggara karena dinilai paling siap dibandingkan dengan daerah yang lain.

"Kita sudah putuskan dilaksanakan pada awal November 2017. Kita berharap seluruh daerah mempersiapkan diri secara maksimal jika ingin merebut tiket berlaga di Porda 2018 di Kabupaten Pinrang," katanya.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaaan babak kualifikasi cabang olahraga panahan akan diikuti sebanyak 21 kabupaten/kota di Sulsel.

Setiap daerah atau atlet akan bersaing memperebutkan beberapa tiket dari kategori berbeda seperi compound dan recurve individu atau beregu putra dan putri.

Persaingan merebut tiket Porda 2018, diperkirakan lebih ketat karena setiap daerah telah mempersiapkan diri sejak awal. Ini juga sesuai harapan Pengprov Perpani Sulsel agar terpilih atlet yang paling potensial.

Bupati Pinrang, Andi Aslam Patonangi menegaskan kabupaten yang dipimpinnya sudah siap melaksanakan agenda penting, Porda XVI-2018.

"Sebagai tuan rumah, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya khususnya membangun sejumlah venue pertandingan. Untuk tahun ini merupakan tahap penyempurnaan. Awal 2018 seluruh venue telah rampung dan masuk tahap persiapan," kata Bupati Pinrang, Aslam, beberapa waktu lalu.

Untuk menyukseskan laga multieven empat tahunan ini, Pemkab Pinrang menyiapkan anggaran khusus untuk merampungkan pembangunan sejumlah sarana dan prasarana yang akan digunakan sebagai arena pertandingans sejumlah cabang olahraga.

Sebagai tuan rumah, pihaknya berkomitmen dan bertekad agar Pinrang tidak hanya sukses sebagai penyelenggara tapi sukses dari segi perekonomian masyarajkat.

"Kami harap Porda kali ini akan sukses dan lebih baik dari penyelenggaraan Porda sebelumnya. Prioritas utama kami sebenarnya bukan prestasi, melainkan bagaimana ajang ini sukses dan perkonomian masyararakat semakin meningkat," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024