Manado (Antara Sulsel) - Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) mengajak Generasi Baru Indonesia (GenBI) ikut bersama-sama sukseskan pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-53 Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017.

"Kami mengajak GenBI agar ambil bagian dalam Pameran Pembangunan Sulut tahun 2017 ini," kata Deputi Bank Indonesia (BI) Buwono Budi Santoso di Manado, Selasa.

Buwono mengatakan GenBI gabungan mahasiswa dari berbagai universitas di Sulut yang menerima beasiswa dari BI.

"Kami mengajak GenBI, selain mengunjungi pameran, juga diedukasi tentang kebangsentralan dan peran perbankan di daerah," jelasnya.

BI, katanya, selain dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi, sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas sasaran yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya.

Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah.

Namun, katanya, BI juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi di daerah.

"Kami berharap GenBI di Sulut, mampu menjadi generasi penerus bangsa dan daerah yang berkualitas," jelasnya.

Badan Musyawarah Perbankan daerah (BMPD) mengambil bagian dalam Pameran Pembangunan HUT Provinsi Sulut tahun 2017 ini, juga mengajak GenBI nonton film bersama di stand BMPD.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024