Mamuju (Antara Sulbar) - Jajaran Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat bekerjasama dan menjalin dengan Ombudsman RI Perwakilan Sulbar melakukan pengawasan untuk mencegah terjadinya pelanggaran administrasi.

"Kunjungan Bawaslu Sulbar ke Ombudsman Sulbar untuk silaturahmi kelembagaan, sekaligus langkah awal dalam rangka menjalin kerjasama dan sinergi dalam pengawasan, utamanya dalam hal pengawasan administrasi," Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, S IP M Si, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, koordinasi, kerjasama dan singergi dengan ombudsman sangat pentin karena kedua lembaga ini mempunyai kesamaan yang mendasar yaitu melakukan pengawasan.

Anggota Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sulbar, Ansharullah, mengatakan, bawaslu tidak akan maksimal melakukan pengawasan tanpa melibatkan lembaga terkait seperti Ombudsman dan masyarakat itu sendiri dalam mengawal Pilkada maupun Pilpres kedepan.

"Tugas Bawaslu sangatlah berat karena selain mengawasi setiap tahapan Pemilihan, dan melakukan pencegahan disetiap sektor yang dianggap rawan terhadap potensi kecurangan, bawaslu juga harus cermat dalam mengelola administrasi, sebab ada lembaga lain yang juga mengawasi Bawaslu pada sisi administrasi, yakni Ombudsman.

Kepala perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Uman menyatakan apresiasinya kepada Bawaslu Sulbar untuk bersama melakukan pengawasan terhadap kemungkinan adanya mal administrasi dan pengawasan dilapangan terkait kinerja aparat sipil negara di Bawaslu Sulbar.

"Kami sangat mengapresiasi upayaka teman-teman dari Bawaslu Sulbar dan kami dari Ombudsman siap menjalin sinergi dalam rangka mendorong terwujudnya pengawasan pilkada, pilpres yang berkualitas dan bebas maladmnistrasi," ujarnya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024