Makassa (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan memberikan penekanan kepada seluruh tenaga kesehatan agar meningkatkan kualitas pelayanan sesuai standar mutu internasional.

"Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan memang sedang kita lakukan dan semuanya dilakukan secara bertahap," ujar Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr Naisyah Tun Azikin di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas layanan kesehatan itu dimulai dari peningkatan kualitas sumber daya manusianya (SDM) atau tenaga kesehatannya, kemudian memenuhi sarana dan prasarana infrastruktur serta lainnya.

Naisyah mengaku, pelayanan berstandar internasional adalah hal yang diinginkan oleh Wali Kota Makassar dengan tidak membeda-bedakan pasiennya serta memaksimalkan pelayanan.

"Sesuai dengan visi bapak wali kota menciptakan kota yang aman dan nyaman untuk semua. Salah satunya dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi semua," katanya.

Dia menyatakan, peningkatan kualitas tenaga kesehatannya itu dengan memberikannya pelatihan-pelatihan secara berkesinambungan serta memotivasi para aparatur sipil negara tersebut.

"Jadi, kegiatan ini sebuah pembekalan secara komprehensif agar dapat berubah seiring pencapaian visi dan misi Pemkot Makassar yang ingin menjadikan kota yang aman dan nyaman dengan pelayanan kelas dunia," ungkapnya.

Naisyah Tun Azikin mengakui telah terjadi peningkatan secara signifikan sejak kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto bersama Syamsu Rizal mulai dari perbaikan Puskesmas beserta sarana, prasarana dan fasilitas penunjang lainnya.

"Tentu kualitas SDM-nya juga ditingkatkan, apalagi tenaga kesehatan merupakan garda terdepan atau ujung tombak kita di bidang kesehatan. Oleh karenanya, transformasi pola pikir dan penyamaan persepsi terhadap visi harus seirama dengan tindakan nyata," kata Naisyah.

Menurut dia, pola pikir tenaga kesehatan menentukan kompetensinya selaku SDM. Dirinya menilai mereka harus siap dengan segala tantangan, mengingat tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang prima.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural dan fungsional di bidang kesehatan seperti Kepala Puskesmas, Kepala Subag Tata Usaha Puskesmas, Kepala Bidang, Kepala Seksi, Petugas Home Care, Petugas Poli dan Petugas Kartu seluruh Kota Makassar. 

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024